Selasa, 25 Maret 2014

PERAN, FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA



Peran media pembelajaran matematika:
a.     Dapat memberikan pemikiran yang abstrak maupun konkrit
b.     Dapat memberikan pengalaman yang sukar diperoleh dengan cara lain
c.      Dapat memperoleh perbendaharaan siswa (tidak verbalistik)
d.     Mempertinggi perhatian siswa
e.      Memberikan realitas, sehingga mendorong adanya selt-activity.               
f.       Memberikan hasil belajar yang permanen

Fungsi media pembelajaran matematika, diantaranya sebagai berikut:
1.      Fungsi atensi. 
Media ini dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna yang ditampilkan dalam materi pelajaran.
2.      Fungsi afektif. 
Fungsi media dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa/ mahasiswa ketika proses belajar mengajar berlangsung.
3.      Fungsi kognitif. 
Media dapat mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.      Fungsi kompensatoris 
Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian konteks untuk memahami teks, membantu siswa yang lemah dalam membaca, untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
5.      Fungsi Psikomotoris 
Fungsi ini diberikan dengan maksud untuk menggerakkan siswa melakukan suatu kegiatan, terutama yang berkenaan dengan hafalan-hafalan.
6.      Fungsi Evaluasi 
Fungsi evaluasi dimaksudkan agar segala kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanaka dapat dilakukan penilaian kemampuan siswa dalam merespon pembelajaran.

Secara umum manfaat media pembelajaran matematika menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata – katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3.      Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
4.      Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar