Peran media pembelajaran matematika:
a. Dapat
memberikan pemikiran yang abstrak maupun konkrit
b. Dapat
memberikan pengalaman yang sukar diperoleh dengan cara lain
c. Dapat
memperoleh perbendaharaan siswa (tidak verbalistik)
d. Mempertinggi
perhatian siswa
e. Memberikan
realitas, sehingga mendorong adanya selt-activity.
f. Memberikan
hasil belajar yang permanen
Fungsi media
pembelajaran matematika, diantaranya sebagai berikut:
1.
Fungsi atensi.
Media ini dapat menarik dan mengarahkan perhatian
siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna yang
ditampilkan dalam materi pelajaran.
2.
Fungsi afektif.
Fungsi media dapat terlihat dari tingkat kenikmatan
siswa/ mahasiswa ketika proses belajar mengajar berlangsung.
3.
Fungsi kognitif.
Media dapat mengungkapkan bahwa lambang visual atau
gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi
atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.
Fungsi kompensatoris
Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian
konteks untuk memahami teks, membantu siswa yang lemah dalam membaca, untuk
mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
5.
Fungsi Psikomotoris
Fungsi ini diberikan dengan maksud untuk menggerakkan
siswa melakukan suatu kegiatan, terutama yang berkenaan dengan hafalan-hafalan.
6.
Fungsi Evaluasi
Fungsi evaluasi dimaksudkan agar segala kegiatan
belajar mengajar yang telah dilaksanaka dapat dilakukan penilaian kemampuan
siswa dalam merespon pembelajaran.
Secara umum manfaat media
pembelajaran matematika menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
1.
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu kata –
katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)
2.
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3.
Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi
sikap pasif siswa.
4.
Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar