Pengertian
Pembelajaran berbasis ICT( Information and Communication
Technology) adalah pembelajaran yang
berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.
Ragam ICT
1.
interactive
multimedia instructional(IMMI)
seperti: media teks (papan tulis), audio, video.
2.
E-Media
E-Media (electronic-media) adalah media belajar yang
dikemas dalam bentuk CD-ROM Interaktif. E-Media akan dapat menggali kemampuan
individual siswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga diharapkan dapat
melahirkan motivasi bagi siswa dalam meningkatkan prestasi dan hasil belajarnya
3. E-Learning.
E-learning
adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media
yang digunakan adalah jaringan computer (intranet atau internet). Dengan
dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam
bentuk berbasis web
Fitur :
- Lesson:materi pembelajaran yang lebih menarik, dapat terdiri dari beberapa halaman, siswa diberikan pilihan untuk menentukan halaman yang akan dilihat berikutnya.
- Quis:guru dapat membuat paket tes dalam bentuk quiz : pilihan ganda, benar-salah, dan soal jawaban singkat.
- Resource:guru dapat mengupload materi dalam bentuk file.
- Assigment:guru dapat menetapkan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dalam bentuk hasil digital dan mengapload ke server web.
- Workshop:Siswa dapat mengakses project-project siswa lain
- Database:guru dan siswa dapat mencari kumpulan entry record tentang suatu topik.
- Forum:tempat diskusi mengenai suatu topik
- Chat:Siswa dan guru dapat melakukan diskusi secara realtime
4. Digital Library
5.
Komunitas
berbasis Web (Forum, Milis), yaitu:
1.
Komunitas
Guru
2.
Komunitas
Siswa
3.
Komunitas
Ortu
Fungsi
Dapat menarik dan meningkatkan motivasi belajar anak,
khususnya ketika anak belajar tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan
matematika. Akan tetapi orang tua dan guru harus tetap cermat dalam memilih
program-program yang disajikan melalui website yang terdapat di internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar